Di lain pihak pembicaraan tentang negara
sebagai sistem politik lebih menekankan dimensi dinamis dalam kehidupan
bernegara. Kegiatan hidup bernegara dilihat sebagai rangkaian kegiatan
manusia dalam bidang politik yang satu sama lain saling terkait,
sehingga merupakan sebuah sistem.
Pengertian sistem
Menurut The Advanced Learner’s
Dictionary of Current English, sistem adalah satuan dari bagian-bagian
yang kadang terdiri dari sejumlah bagian utama dan sejumlah bagian yang
kurang penting; bagian-bagian itu bekerja sama sesuai tujuan sistem yang
bersangkutan. Dengan kata lain sistem adalah suatu kesatuan yang
mengandung unsur-unsur atau elemen-elemen atau bagian-bagian yang
terikat dalam satu kesatuan dan saling bergantung (independen). Akibat
dari independensi atau saling ketergantungan antar unsur itu, bila sifat
dari satu bagian berubah, maka semua bagian/komponen lainnya termasuk
juga sistem secara keseluruhan akan terpengaruh (Almond & Powell,
1966: 19).
Pengertian politik
Ada banyak definisi tentang politik, Berikut dikemukakan beberapa definisi tersebut:
- Austin Ranney mendefinisikan politik sebagai proses pembuatan kebijakan pemerintahan (sering disebut sebagai kebijakan umum atau public policy).
- Harold D. Laswell menyebut bahwa politik itu menyangkut proses penentuan who, what, when, and how atau siapa, mendapatapa, kapan, dan bagaimana.
- Ramlan Surbakti mendefinisikan. politik sebagai proses interaksi antara pemerintah dan masyarakat untuk menentukan kebaikan bersama bagi masyarakat yang tinggal dalam satu wilayah tertentu.
Sistem politik
Sistem politik merupakan sebuah
rangkaian kegiatan atau proses di dalam sebuah masyara- kat politik
dalam mempengaruhi dan menentukan siapa, mendapat apa, kapan, dan
bagaimana. Di antara bermacam-macam proses dapat dilihat gejala-gejala
politik sebagai suatu kumpuian proses tersendiri, yang berbeda dengan
proses-proses lainnya.
Fungsi politik
Sistem politik merupakan kesatuan antara
struktur dan fungsi-fungsi politik. Struktur politik dapat diibaratkan
sebagai mesin dengan berbagai komponen serta fungsi masing-masing
komponennya.
Secara garis besar fungsi-fungsi pokok politik yang harus berjalan dalam sebuah sistem politik/negara adaiah:
Secara garis besar fungsi-fungsi pokok politik yang harus berjalan dalam sebuah sistem politik/negara adaiah:
- Fungsi merumuskan kepentingan, adaiah fungsi menyusun dan mengungkapkan tuntutan politik dalam suatu negara.
- Fungsi pemaduan kepentingan, adalah fungsi menyatupadukan tuntutan-tuntutan politik dari berbagai pihak dalam suatu negara dan mewujudnyatakannya ke dalam berbagai alternate kebijakan.
- Fungsi pembuatan kebijakan umum, adaiah fungsi untuk mempertirnbangkan berbagai alternate kebijakan yang diusulkan oleh partai-partai politik dan pihak-pihak lain, untuk dipilih salah satu di antaranya sebagai satu kebijakan pemerintahan.
- Fungsi penerapan kebijakan, adaiah fungsi melaksanakan berbagai kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak yang berwenang.
- Fungsi pengawasan pelaksanaan kebijakan, adaiah fungsi menyelaraskan perilaku masyarakat dan pejabat publik yang menentang atau menyeleweng dari kebijakan pemerintahan, dengan norma-norma yang berlaku.
- Fungsi komunikasi politik adaiah proses penyampaian informasi mengenai politik dari masyarakat kepada pemerintah dan juga dari pemerintah kepada masyarakat.
- Sosialisasi politik adaiah proses pembentukan sikap dan orientasi politik anggota masyarakat.
- Rekrutmen politik adaiah proses menyeleksi orang/orang-orang yang akan dipilih atau diangkat sebagai pejabat dari jabatan-jabatan yang ada dalam suatu negara atau partai politik.
Macam-macam sistem politik
Pada dasarnya ada dua pilihan pokok
dalam mengelola kehidupan bernegara, yaitu cara demokratis dan cara
diktator/otoriter/totaliter.
Demokrasi
Sebenarnya, pengertian utama demokrasi
adaiah adanya hak-hak rakyat untuk ikut memerintah. Akan tetapi, dalam
perkembangannya, pengertian itu telah mengalami banyak perubahan,
terutama karena faktor politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Austin
Ranney menyebutkan bahwa demokrasi adaiah bentuk pemerintahan yang
diorganisasikan berdasarkan prinsip-prinsip kedaulatan rakyat, persamaan
politik, konsultasi kepada rakyat dan pemerintahan mayoritas.
Dengan demikian, bentuk demokrasi negara yang satu akan berbeda dengan bentuk demokrasi negara yang lain. Demikian juga dengan bentuk demokrasi pada suatu masa akan berbeda dengan pada masa yang lain. Misalnya di Indonesia, bentuk demokrasi seka- rang berbeda dan bentuk demokrasi, baik pada masa berlakunya Konstitusi Republik Indo¬nesia Serikat (RIS) tahun 1949 maupun Undang-undang Dasar Sementara (UUDS) tahun 1950. Demokrasi berlangsung dengan berdasarkan pada asas-asas tertentu. Asas-asas demokrasi itu ialah sebagai berikut.
Dengan demikian, bentuk demokrasi negara yang satu akan berbeda dengan bentuk demokrasi negara yang lain. Demikian juga dengan bentuk demokrasi pada suatu masa akan berbeda dengan pada masa yang lain. Misalnya di Indonesia, bentuk demokrasi seka- rang berbeda dan bentuk demokrasi, baik pada masa berlakunya Konstitusi Republik Indo¬nesia Serikat (RIS) tahun 1949 maupun Undang-undang Dasar Sementara (UUDS) tahun 1950. Demokrasi berlangsung dengan berdasarkan pada asas-asas tertentu. Asas-asas demokrasi itu ialah sebagai berikut.
- Pengakuan hak-hak asasi manusia sebagai penghargaan terhadap harkat dan marta- bat manusia dengan tidak melupakan kepentingan umum.
- Adanya partisipasi dan dukungan rakyat kepada pemerintah. Jika dukungan rakyat tidak ada, sulitlah dikatakan bahwa pemerintahan itu adalah suatu pemerintahan yang demokratis.
Berdasarkan tugas-tugas dan hubungan
antara alat-alat perlengkapan negara, demokrasi dapat dibedakan dalam
tiga bentuk, yaitu sebagai berikut:
1. Demokrasi dengan Sistem Parlementer
Di dalam demokrasi parlementer
sebagaimana terdapat di Prancis, Belgia, dan Belanda, kekuasaan
legislatif (Parlemen atau DPR) terletak di atas kekuasaan eksekutif.
Kedua kekuasaan itu mempunyai hubungan erat.
Dalam sistem demokrasi ini, menteri-menteri kabinet harus mempertanggungja- wabkan semua tindakannya kepada parlemen. Ini berarti bahwa kabinet harus mendapat kepercayaan dari parlemen, Untuk mendapatkan kepercayaan parlemen, kebijaksa- naan kabinet harus disesuaikan dengan tujuan politik anggota parlemen.
Dalam sistem demokrasi ini, menteri-menteri kabinet harus mempertanggungja- wabkan semua tindakannya kepada parlemen. Ini berarti bahwa kabinet harus mendapat kepercayaan dari parlemen, Untuk mendapatkan kepercayaan parlemen, kebijaksa- naan kabinet harus disesuaikan dengan tujuan politik anggota parlemen.
2. Demokrasi dengan Sistem Pemisahan Kekuasaan
Demokrasi dengan sistem pemisahan
kekuasaan dijalankan hampir sepenuhnya di Amerika Serikat. Di negara
ini, kekuasaan legislatif dipegang oleh kongres, sedangkan kekuasaan
eksekutif oleh presiden. Sementara itu, kekuasaan yudikatif oleh
Mahkamah Agung. Masing-masing kekuasaan terpisah satu sama lain.
Kekuasaan setiap badan itu sengaja dibatasi untuk menjaga keseimbangan serta mencegah agar kekuasaan salah satu badan tidak terlampau besar. Persamaan derajat setiap badan dimaksudkan agar dapat saling mengawasi. Inilah yang dimaksud de¬ngan sistem pengawasan dan keseimbangan (chek and balance) dalam pemerintahan Amerika Serikat. Presiden tidak dapat dijatuhkan oleh kongres. Masa jabatan presiden tidak tergantung pada dukungan kongres, tetapi telah ditetapkan selama jangka waktu tertentu. Menteri-menteri yang duduk dalam kabinet dan mengepalai departemen, di- angkat dan bertanggung jawab kepada presiden. Tugas presiden ialah melaksanakan pemerintahan pusat dan undang-undang sebagaimana mestinya.
Kekuasaan setiap badan itu sengaja dibatasi untuk menjaga keseimbangan serta mencegah agar kekuasaan salah satu badan tidak terlampau besar. Persamaan derajat setiap badan dimaksudkan agar dapat saling mengawasi. Inilah yang dimaksud de¬ngan sistem pengawasan dan keseimbangan (chek and balance) dalam pemerintahan Amerika Serikat. Presiden tidak dapat dijatuhkan oleh kongres. Masa jabatan presiden tidak tergantung pada dukungan kongres, tetapi telah ditetapkan selama jangka waktu tertentu. Menteri-menteri yang duduk dalam kabinet dan mengepalai departemen, di- angkat dan bertanggung jawab kepada presiden. Tugas presiden ialah melaksanakan pemerintahan pusat dan undang-undang sebagaimana mestinya.
3. Demokrasi dengan Sistem Referendum
Demokrasi dengan sistem referendum
berlaku di negara-negara bagian Swiss yang disebut kanton. Kanton
berbentuk republik. Di kanton-kanton ini terdapat juga kekuasaan
legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Yang menonjol ialah bahwa tugas
legislatif selalu terletak di bawah pengawasan seluruh rakyat.
Pengawasan dilakukan dengan cara referendum yang terdiri dari referendum
obligator dan referendum fakultatif.
Referendum berarti pemungutan suara rakyat mengenai suatu rencana undang- undang. Referendum obligator ialah pemungutan suara rakyat yang wajib, dilakukan mengenai suatu rencana undang-undang dasar negara bagian atau undang-undang lain yang dipandang sangat penting. Referendum fakultatif adalah pemungutan suara rakyat mengenai suatu undang-undang tanpa keharusan, kecuali jika dalam waktu tertentu setelah rancangan referendum.
Referendum berarti pemungutan suara rakyat mengenai suatu rencana undang- undang. Referendum obligator ialah pemungutan suara rakyat yang wajib, dilakukan mengenai suatu rencana undang-undang dasar negara bagian atau undang-undang lain yang dipandang sangat penting. Referendum fakultatif adalah pemungutan suara rakyat mengenai suatu undang-undang tanpa keharusan, kecuali jika dalam waktu tertentu setelah rancangan referendum.
Ada empat prinsip yang terkait dengan pemerintahan demokrasi yaitu:
- Kedaulatan rakyat, berarti bahwa kekuasaan untuk membuat keputusan-keputusan
pemerintahan yang pokok berada di tangan seluruh warga masyarakat, bukan di tangan orang-orang tertentu atau kelas yang berkuasa. - Persamaan politik, berarti bahwa setiap warga masyarakat mempunyai kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam proses pembuatan keputusan politik negara.
- Konsultasi kepada rakyat, berarti bahwa keputusan-keputusan mengenai kebijakan manakah yang paling cocok untuk mewujudkan kepentingan rakyat harus dibuat oleh rakyat sendiri, bukan oleh penguasa tanpa pertanggungjawaban kepada rakyat.
- Majority rule dan minority right, Dalam pemerintahan demokrasi, keputusan pemerintahan tidak boleh bertentangan dengan kehendak mayoritas rakyat. Jika rakyat tidak sependapat mengenai masalah tertentu, pemerintah harus bertindak sesuai kehendak bagian terbesar, bukan yang terkecil dari rakyat.
Kediktatoran
Kediktatoran berarti suatu bentuk
pemerintahan di mana kekuasaan tertinggi untuk memerintah dipegang dan
dijalankan oleh satu orang atau sekelompok kecil elite.
Ciri-ciri pokok pemerintahan diktator modern mencakup enam hal berikut ini.
Ciri-ciri pokok pemerintahan diktator modern mencakup enam hal berikut ini.
- Negara mempunyai sebuah ideologi resmi yang mencakup segala aspek keberadaan manusia (yang mengatur aspek kehidupan fisik maupun rohani manusia). Setiap warga masyarakat harus tunduk pada ideologi tersebut.
- Negara hanya mempunyai satu partai massa tunggal, yang biasanya dipimpin oleh satu orang, dan bertindak selaku penafsir tunggal ideologi resmi.
- pemerintah mengawasi seluruh kegiatan penduduk dan menjalankan sistem teror yang luas melalui sistem pengawasan polisi rahasia yang memanfaatkan teknologi modem.
- adanya monopoli semua media massa oleh penguasa dan partai penguasa
- adanya kontrol yang ketat melalui kekuatan militer
- Pengendalian terpusat atas seluruh sektor ekonomi oleh pemerintah melalui jajaran birokrasi
sumber: http://www.pelajaransekolahonline.com/2016/11/pengertian-fungsi-dan-macam-macam-sistem-politik-terlengkap.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar